Subscribe:

MODAL KECIL UNTUNG BESAR

Minggu, 28 Juni 2015

Persiapan Mudik Pelindo Siapkan 13 Pelabuhan






SURABAYA – Peningkatan arus mudik, khususnya yang memanfaatkan jasa kapal laut, tahun ini diperkirakan stabil seperti tahun sebelumnya. Untuk memenuhi kebutuhan pemudik, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menyiapkan 13 terminal penumpang di wilayah kerjanya.
Kepala Humas PT Pelindo III Edi Priyanto menuturkan, arus mudik diproyeksi stabil lantaran alternatif moda transportasi makin beragam. Karena itu, meski ada kenaikan jumlah penumpang, pertumbuhannya tidak signifikan. Pada 2014, jumlah pemudik kapal laut yang melalui Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, sejak H-15 hingga H+15 sebanyak 149.583 penumpang.
’’Kalaupun tahun ini terjadi pertumbuhan, kenaikannya tidak lebih dari satu digit. Bukan hanya transportasi laut, melainkan juga darat dan udara. Khususnya masyarakat yang bekerja formal. Bisa jadi banyak yang memanfaatkan moda transportasi udara sebagai sarana angkutan mudik. Para pekerja informal seperti pekerja perkebunan dan pedagang cenderung memilih moda transportasi angkutan laut,’’ ujarnya pekan lalu.
Ketiga belas terminal yang disiapkan Pelindo III tersebar di tujuh provinsi. Yakni, Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.
Sebanyak 13 terminal penumpang itu meliputi Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jatim; Pelabuhan Gresik, Jatim; Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi, Jatim; Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jateng; Pelabuhan Benoa, Bali; Pelabuhan Banjarmasin, Kalsel; Pelabuhan Sampit, Kalteng; Pelabuhan Kotabaru/Batulicin, Kalsel; Pelabuhan Kumai, Kalteng; Pelabuhan Lembar, NTB; Pelabuhan Bima/Badas, NTB; Pelabuhan Tenau Kupang/Kalabahi/Waingapu, NTT; dan Pelabuhan Maumere, NTT.
’’Kami mulai menyiapkan sarana dan prasarana pendukung terminal penumpang kapal laut itu untuk menghadapi masa angkutan Lebaran tahun ini. Puncak arus mudik pada transportasi laut sangat mungkin terjadi mulai H-15 hingga H+15 Lebaran,’’ ungkap Edi.
Beberapa pelabuhan strategis di lingkungan Pelindo III diprediksi mengalami peningkatan jumlah penumpang. Misalnya, pelabuhan tujuan pemudik Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, dan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Pelabuhan Sampit, Pelabuhan Kumai, serta Pelabuhan Banjarmasin dan Batulicin bakal menjadi pelabuhan keberangkatan yang dipadati penumpang. ’’Meski demikian, jumlah penumpang kapal laut dari Pelabuhan Makassar dan Pelabuhan Balikpapan diprediksi juga meningkat kalau dibandingkan dengan hari biasanya,’’ tutur dia.
Pihaknya melalui pelabuhan cabang juga menambah fasilitas seperti tenda tambahan serta melakukan perbaikan dan renovasi ruangan terminal penumpang. Dengan demikian, daya tampung penumpang bisa diperbesar. ’’Selain itu, diikuti dengan upaya peningkatan pengamanan pada akses keluar dan masuk pelabuhan. Termasuk di lokasi terminal penumpang kapal laut,’’ terangnya.
Edi menjelaskan, di setiap terminal penumpang, akan disiapkan pula posko terpadu Lebaran di bawah komando otoritas pelabuhan. Anggotanya berasal dari unsur pelabuhan seperti syahbandar, Pelindo III, operator kapal, kepolisian pelabuhan, angkatan laut, institusi, dan unit kerja lain. (res/c14/agm)

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan kasih komentar