Subscribe:

MODAL KECIL UNTUNG BESAR

Kamis, 20 September 2012

MOBIL AGYA AYLA 75 JUTA'AN

Kini saatnya kita manjakan diri kita dengan kemewahan hidup yang elegan tapi tidak menguras isi kantong kita, di tahun 2013 yang akan datang rakyat indonesia akan disuguhi sebuah mobil murah tapi tetap berkualitas dan mewah yang di produksi oleh Perusahaan Astra.

Astra International berencana meluncurkan mobil kecil yang hemat bahan bakar dengan harga terjangkau, akhir tahun ini. Mengusung merek Toyota dan Daihatsu, distributor mobil dengan volume terbesar di Indonesia itu berniat memanfaatkan insentif dari pemerintah, serta memenuhi kenaikan permintaan akan mobil kecil.
Pemerintah sedang memoles regulasi baru untuk mendorong produksi mobil “hijau” berharga murah. Tujuannya adalah meningkatkan penghematan bahan bakar minyak atau BBM, menangani isu lingkungan hidup, serta mengendalikan konsumsi BBM bersubsidi. Salah satu peraturan baru itu mencakup pemangkasan pajak untuk mobil hijau semacam itu. Saat ini, pajaknya berkisar antara 10% hingga 50%.
“Jika peraturan soal mobil hijau murah itu sudah terbit bulan Oktober, kami bisa mulai menjual model baru ini pada Desember,” kata Direktur Astra Johnny Darmawan saat perkenalan mobil-mobil baru itu, hari Rabu ini. Ia menambahkan model mobil ini memiliki mesin berkapasitas 1.000 cc, dengan jarak tempuh 22 kilometer per liter bensin.
Mobil bermerek Toyota diberi nama Agya, kata bahasa Sansekerta yang berarti kecepatan. Model Daihatsu bernama Ayla, yang berarti cahaya. Kedua versi ini akan diproduksi di pabrik PT Astra Daihatsu di Karawang, Jawa Barat.
Astra mengincar segmen mobil kecil atau compact ini sebagai segmen yang menawarkan pertumbuhan lebih tinggi di masa depan, kata Johnny. Namun ia menambahkan mobil jenis MPV alias multi-purpose vehicle akan terus memimpin angka penjualan saat ini, karena konsumen Indonesia umumnya memiliki keluarga besar dan sering bepergian dengan mobil.
Target konsumen utama untuk mobil-mobil kecil ini adalah kelas menengah yang jumlahnya terus melonjak. “Kami mengincar pemilik sepeda motor yang bisa jadi akan melihat harga mobil ini terjangkau. Target kami juga mencakup konsumen yang baru mampu menjangkau harga mobil bekas, atau mereka yang ingin membeli mobil kedua atau ketiga,” kata Prijono Sugiarto, CEO Astra.
Kisaran harga untuk kedua model mobil ini adalah Rp 75 juta sampai Rp 105 juta.
Indonesia merupakan salah satu pasar penting bagi perusahaan otomotif Jepang seperti Toyota Motor dan Daihatsu Motor. Kedua merek ini menyumbangkan lebih dari separuh angka penjualan mobil baru di Indonesia, pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara setelah Thailand. Kinerja penjualan ini ditopang oleh pertumbuhan ekonomi yang relatif kuat dalam beberapa tahun terakhir.
Korporasi otomotif lain tengah berupaya menembus pasar Indonesia yang cukup besar. Perusahaan mobil Tata Motors dari India, yang memproduksi mobil murah bermerek Tata Nano, pekan lalu memperkenalkan unit usaha mereka di Indonesia. Tata akan mulai menjual mobil penumpang dan niaga pada 2013.
General Motors atau GM dari Amerika juga sedang dalam proses pengaktifan kembali produksi di Indonesia. Sebelumnya, pabrik GM ditutup pasca-krisis moneter 1997-1998. Mereka akan segera menjual model minibus berkapasitas tujuh penumpang, sebagai upaya mengimbangi penjualan mobil di Barat yang stagnan.
Para analis memperkirakan penjualan mobil di Indonesia akan segera menyentuh satu juta unit per tahun. Saat ini, tingkat kepemilikan mobil masih rendah. Dengan jumlah penduduk sekitar 240 juta jiwa, baru ada sekitar 11 juta unit mobil. Angka ini dapat meningkat sebesar tiga juga unit per tahun dalam 10 tahun ke depan.
Sumber informasi : http://realtime.wsj.com/indonesia/2012/09/20/astra-akan-luncurkan-mobil-75-juta-an

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan kasih komentar